Penggunaan E-Learning (Sistem Pembelajaran Online
Berbasis Web) sebagai Upaya Penunjang Perkuliahan Program Studi Sistem Informasi di
Universitas Muria Kudus
LAPORAN
Disusun oleh :
1. Aditia Rasid - 2014 53 025
2. Nur Ivo Jayanti - 2014 53 022
3. Firman Setiawan - 2014 53 038
4. Muammar Zainun N. - 2008 53 143
5. Aldila Suryaning Tias - 2014 53 034
Program Studi Sistem Informasi
Universitas Muria Kudus
2015
iiDAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ....................................................................................................... i
DAFTAR ISI.................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1. JUDUL........................................................................................................ 1
1.2. LATAR BELAKANG ................................................................................ 1
1.3. RUMUSAN MASALAH............................................................................ 2
1.4. BATASAN MASALAH............................................................................. 2
1.5. TUJUAN..................................................................................................... 3
1.6. TARGET PENGGUNA.............................................................................. 3
1.7. FUNGSIONALITAS .................................................................................. 3
1.8. TOOLS IMPLEMENTASI ATAU DESAIN............................................. 4
1.9. TEKNIK EVALUASI................................................................................. 4
1.10. METODE PENELITIAN............................................................................ 4
BAB II LANDASAN TEORI
2.1. PENGERTIAN SISTEM............................................................................ 6
2.2. PENGERTIAN INFORMASI .................................................................... 6
2.3. PENGERTIAN SISTEM INFORMASI ..................................................... 7
2.4. PENGERTIAN E-LEARNING .................................................................. 7
BAB III OBJEK PENELITIAN
3.1. SEJARAH UNIVERSITAS MURIA KUDUS........................................... 8
3.2. BERDIRINYA UNIVERSITAS MURIA KUDUS.................................... 9
3.3. PERKEMBANGAN FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI .................. 10
3.4. STATUS PROGRAM STUDI UNIVERSITAS MURIA KUDUS............ 11
3.5. VISI............................................................................................................. 13
3.6. MISI ............................................................................................................ 13
3.7. TUJUAN..................................................................................................... 14
BAB IV ANALISA DAN PERANCANGAN
a. KARAKTERISTIK PENGGUNA.............................................................. 15
b. STYLE GUIDE........................................................................................... 16
c. KEBUTUHAN DOKUMENTASI ............................................................. 17
d. PERTIMBANGAN TEKNOLOGI............................................................. 18
e. STRUKTUR DAN ISI MENU................................................................... 18
f. NAVIGASI MENU .................................................................................... 20
g. PEMILIHAN PERANGKAT INTERAKSI ............................................... 20
h. DESAIN UMUM TAMPILAN .................................................................. 20
i. PEMILIHAN KONTROL .......................................................................... 29
j. PERANCANGAN TEKS DAN PESAN.................................................... 30
k. PERANCANGAN FEEDBACK DAN PANDUAN.................................. 30
l. PERANCANGAN GRAFIS, IKON, GAMBAR, DAN WARNA............. 30
iii
BAB V PENUTUP
5.1. KESIMPULAN........................................................................................... 31
5.2. SARAN....................................................................................................... 31
1
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 JudulPenggunaan E-Learning (Sistem pembelajaran online berbasis web) sebagai
penunjang perkuliahan Program studi Sistem Informasi di Universitas Muria Kudus.
1.2 Latar belakang
E-learning sudah mulai diterapkan di beberapa perguruan tinggi di seluruh dunia,
khususnya di negara-negara maju. Di Indonesia, beberapa perguruan Tinggi juga sudah mulai
menerapkan e-learning, baik dalam bentuk yang sederhana (menyajikan materi kuliah secara
online) maupun dalam bentuk yang sesungguhnya (menggunakan software sistem
manajemen kelas). Kecenderungan ini dipacu oleh kehadiran dan kemajuan teknologi
informasi dan komunikasi yang berupa Internet dengan teknologi Web (World Wide Web)
sebagai teknologi pendukung utamanya.
Meskipun praktek dan penelitian tentang e-learning di luar negeri, khususnya negaranegara
maju, sudah banyak dilakukan, namun e-learning di Indonesia masih dalam taraf awal
dan sejauh ini belum ada penelitian e-learning yang dipublikasikan. Berbagai aspek yang
terkait dengan e-learning dapat dikaji, mulai dari studi kelayakan dan filosofisnya sampai halhal
teknis serta dampaknya bagi peserta pembelajaran.
Di Universitas Muria Kudus khususnya Program Studi Sistem Informasi telah
dilakasanakan sistem pembelajaran online berbasis Web (e-learning) oleh beberapa dosen.
Pengembangan elearning tersebut bermula dari minat individu yang tertarik pemanfaatan
teknologi informasi sebagai pendukung proses pembelajaran. Pelaksanaan e-learning tersebut
digabung dengan kuliah tatap muka, namun mahasiswa dapat membaca materi kuliah,
mengerjakan/mengirim tugas atau berkomunikasi dengan dosen/kawan secara online.
Dengan adanya praktek e-learning yang sudah berjalan tersebut, perlu dilakukan
evaluasi, baik dari segi pengembangan maupun pelaksanaan dan dampaknya terhadap
efektivitas proses pembelajaran di progam studi Sistem Informasi. Program Studi Sistem
Informasi di Universitas Muria Kudus sebagai salah satu yang bertanggung jawab terhadap
penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran memandang sangat penting untuk terlibat secara
aktif di dalam upaya pengembangan e-learning tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini juga
dimaksudkan sebagai dukungan Progdi terhadap pengembangan e-learning.
2
Diyakini bahwa e-learning dapat memberikan dampak positif terhdap peningkatan
kualitas pembelajaran. Dengan melihat perkembangan yang terjadi di lembaga-lembaga
pendidikan tinggi di luar dan di dalam negeri, e-learning adalah salah satu sistem
pembelajaran yang di masa mendatang akan banyak dipakai, baik sebagai pendukung sistem
pembelajaran tatap muka maupun sebagai suatu sistem pembelajaran 'jarak jauh'. Sudah
tentu untuk mendapatkan sistem e-learning yang efektif pengembangannya memerlukan
kajian yang mendalam dan uji coba secara cermat.
Mengingat sifatnya yang dinamis dan multi aspek, kajian tentang e-learning dapat
mencakup banyak hal. Pada tahap awal ini kajian hanya akan difokuskan pada
pengembangan sistem dan uji coba pelaksanaan e-learning sebagai pendukung sistem
perkuliahan tatap muka di kelas. Apabila e-learning sudah menjadi praktek keseharian, maka
akan muncul banyak kajian yang terkait, seperti kajian aspek teknis, psikologis, komunikasi,
dampak terhadap prestasi belajar, metode belajar kolaboratif, metode penilaian baru, dan lainlain.
1.3 Rumusan Masalah
Berdasarkan dari uraian latar belakang di atas maka yang menjadi rumusan masalah dalam
proposal ini adalah sebagai berikut.
a. Bagaimana penerapan e-learning yang digunakan dosen dalam mendukung proses
perkuliahan pada program studi Sistem Informasi?
b. Bagaimana hasil implementasi e-learning yang digunakan oleh dosen dalam
mendukung proses perkuliahan pada program studi Sistem Informasi?
c. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari e-learning yang digunakan oleh
dosen dalam mendukung proses perkuliahan pada program studi Sistem Informasi?
1.4 Batasan masalah
Adapun batasan masalah pada penelitian ini adalah pembuatan aplikasi penunjang
pembelajaran untuk program studi Sistem Informasi pada Universitas Muria Kudus.
3
1.5 Tujuan
Berdasasrkan latar belakang diatas, penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut.
a. Mengetahui hasil dari implementasi e-learning yang digunakan oleh dosen dalam
mendukung proses perkuliahan bagi mahasiswa Universitas Muria Kudus program
studi Sistem Informasi .
b. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan e-learning oleh
dosen dalam mendukung proses perkuliahan Universitas Muria Kudus program studi
Sistem Informasi .
1.6 Target Pengguna
Pembuatan aplikasi e-learning ini dapat digunakan oleh dosen, mahasiswa, dan admin
sebagai alat bantu penunjangng perkuliahan untuk program studi sistem informasi di
Universitas Muria Kudus.
a. Dosen : Upload materi, memberikan Tugas dan kuis online.
b. Mahasiswa : Mendownload materi, mengupload tugas, dan mengerjakan kuis online.
c. Admin : Mengelola web e-learning.
Aplikasi ini dibangun dengan interface semenarik mungkin dan user friendly,
sehingga menarik dan mudah digunakan bagi pengguna.
1.7 Fungsionalitas
E-learning merupakn aplikasi penunjang pembelajaran berbasis web yang diyakini
dapat memberikan dampak positif terhdap peningkatan kualitas pembelajaran.
Fitur fitur yang termasuk dalam alat pembelajaran ini:
1. Upload materi.
2. Download materi.
3. Upload tugas.
4. Download tugas.
5. Memberikan kuis online.
6. Mengerjakan kuis online.
7. Profil pengguna.
Web e-learning untuk mahasiswa.
4
1.8 Tools Implimentasi atau Desain
Tools implementasi dari aplikasi pembelajaran berbasis web sebagai penunjang
perkuliahan ini menggunakan software Macromedia Dreamweaver 8 dan Xampp dengan
dengan pemrograman php dan MySQL. Penggunaan Software Macromedia Dreamweaver 8
digunakan untuk membuat desain tampilan pada aplikasi e-learning. Sedangkan software
Xampp digunakan untuk pemrograman databasenya. Desain dari aplikasi ini dibuat
semenarik mungkin dan user friendly sehingga memberi kenyamanan dan kemudahan dalam
penggunaan.
1.9 Teknik Evaluasi
Dalam awal pembuatan program ini mungkin akan terdapat banyak
kekurangan,seperti kurangnya fitur dan belum sempurnannya aplikasi. Untuk
menyempurnakan aplikasi e-learning ini dibutuhkan pengerjaan yang bertahap-tahap. Jika
program ini dapat terealisasi maka akan sangat membantu para pengguna untuk penunjang
sistem perkuliahan.
1.10 Metode Penelitian
Untuk mendapatkan data penulis mengumpulkan data dengan metode:
1. Observasi
Pengumpulan data yang dilakukan secara langsung dengan mengamati objek
penelitian dan melakukan pencatatan terhadap hasil penelitian objek. Observasi dapat
dilakukan dengan cara berpartisipasi terhadap kegiatan dan proses yang terkait dengan
program studi. Observasi akan dilakukan dengan cara formal dan informal, untuk mengamati
penyewa game terus meningkat atau menurun pendatangnya. Karena mereka yang
menentukan maju atau tidaknya usaha rental game ini. Dengan demikian, pengusaha game ini
dapat berfikir kembali dengan perkembangan usaha yang dijalaninya. Observasi tersebut
dapat terbentang mulai dari kegiatan pengumpulan data yang formal hingga yang tidak
formal. Bukti observasi seringkali bermanfaat untuk memberikan informasi tambahan
tentang topik yang akan diteliti. Observasi dapat menambah dimensi-dimensi baru untuk
membuka cabang usaha yang dikembangkan agar lebih maju.
2. Studi Pustaka
Pengumpulan data dilakukan dengan mencari teori/konsep yang dapat digunakan
sebagai landasan teori/kerangka dalam penelitian, untuk mencari metodologi yang sesuai dan
5
membandingkan antara teori yang ada dengan fakta yan ada di lapangan. Pengumpulan data
ini bisa dengan cara browsing.
6
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian SistemSistem adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain , yang
berfungsi bersama – sama untuk mencapai tujuan tertentu.
2.2 Pengertian Informasi
Informasi adalah sesuatu data yang sudah diolah atau diproses sehingga menjadi
suatu bentuk yang memiliki arti bagi penerima informasi yang memiliki nilai yang
bermanfaat.
Berikut ini pengertian informasi yang di kemukakan oleh para ahli :
1. Raymond Mc.leod
Ia mengungkapkan bahwa informasi adalah "data yang sudah diolah menjadi bentuk
yang memiliki arti bagi penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau
mendatang".
2.Tata Sutabri, S.Kom
Ia menyatakan bahwa informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah
atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
3. Anton M. Meliono
Menurut Anton “Informasi adalah data yang sudah diproses untuk tujuan tertentu.
Tujuan tersebut adalah untuk menghasilkan sebuah keputusan”
4. Gordon B. Davis
Gordon menyatakkan “Informasi adalah data yang telah diproses menjadi suatu
bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini
atau mendatang”
5. Lani Sidharta
7
Ia menyatakan “Informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang bisa berguna
untuk membuat keputusan”
6. Jogiyanto HM.
Menurutnya Informasi adalah sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk
yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadiankejadian
yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
7. George H. Bodnar
Menurut George Informasi adalah data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar
untuk mengambil keputusan yang tepat.
2.3 Pengertian Sistem Informasi
Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan
kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang
bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan
kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan (Tata Sutabri, 2004).
2.4 Pengertian E-learning
E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi
informasi dalam proses belajar mengajar. Berikut beberapa pengertian E-learning dari
berbagai sumber:
1. Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau
komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran (Michael, 2013:27).
2. Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses
pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010).
3. Sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar
yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa
(Ardiansyah, 2013).
8
BAB III
OBJEK PENELITIAN
3.1 Sejarah Universitas Muria KudusDari Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Ke Universitas Muria Kudus (UMK)
3.1.1 Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) (th. 1963 – 1966).
Pada tahun 1963, Catur Tunggal Kudus (saat ini Muspida) mendirikan perguruan
tinggi yaitu APP (Akademi Pimpinan Perusahaan) Kudus dan STAI Kudus (Sekolah Tinggi
Agama Islam). APP dipimpin oleh Ketua/Dekan yaitu Bp. Supirman, SH. Namun oleh
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI APP belum memperoleh ijin hingga
keberadaannya belum diakui walaupun sudah berjalan di tahun 1963–1966.
3.1.2 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Cabang Kudus (1966-1967).
Setelah APP tidak memperoleh pengakuan dari Depdikbud, maka pada tanggal 10
Agustus 1967 atas prakarsa Bp. Rustam Santiko (Kapolres Kudus) didirikan Fakultas
Ekonomi Universitas Diponegoro Cabang Kudus yang diselenggarakan oleh Yayasan
Pembina Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Cabang Kudus. Sebagai Dekan adalah
Bp. Drs. Sutomo (Kepala Kantor Inspeksi Pajak Kudus) dan Sekretaris Bp. Makmunhadi,
SH (Jaksa pada Kantor Kejaksaan Kudus). Namun oleh Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan RI, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Cabang Kudus juga tidak
memperoleh ijin pengakuan.
3.1.3 Sekolah Tinggi Ekonomi Kudus (STE Kudus) (Th 1967 – 1980).
Dengan tidak diperolehnya ijin dari Departemen P & K atas keberadaan Fakultas
Ekonomi Universitas Diponegoro Cabang Kudus, maka oleh Yayasan penyelenggara pada
tahun itu juga didirikan Sekolah Tinggi Ekonomi Kudus dengan Jurusan Ekonomi
Perusahaan. Sebagai Dekan adalah Bp. Drs. Sutomo (Kepala Kantor Inspeksi Pajak Kudus)
dan Sekretaris Bp. Makmunhadi, SH (Jaksa pada Kejaksaan Kudus). STE Kudus
memperoleh ijin dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan status Terdaftar.
Pada tahun 1970 – 1980 Dekan dijabat oleh Bp. Suwarno, SH (Jaksa pada kantor Kejaksaan
Kudus) dan Sekretaris Bp. Soegito MW, BSc.
3.1.4 Pada tahun 1980 Sekolah Tinggi Ekonomi Kudus (STE) dirubah menjadi
Universitas Muria Kudus (UMK).
Sejak berdiri sampai dengan tahun 1979 perkembangan STE kurang
9
menggembirakan, sehingga mulai bulan Maret 1980 dirintis pendirian sebuah Universitas
Swasta di wilayah Jawa Tengah yaitu untuk wilayah Karesidenan Pati, Pekalongan, Kedu,
Surakarta dan Banyumas. Pemrakarsa pendirian universitas swasta tersebut adalah Dewan
Pimpinan Daerah Tingkat I GOLKAR Jawa Tengah yang dimotori oleh Prof. Soehardjo SS,
SH dan Drs. Wuryanto (Koordinator Kopertis V saat itu). Universitas swasta tersebut
dikenal dengan sebutan Universitas Kembar Lima yang terdiri dari:
1. Wilayah Pati : Universitas Muria Kudus (UMK) di Kudus
2. Wilayah Kedu : Universitas Tidar Magelang (UNTID)
3. Wilayah Surakarta : Universitas Slamet Riyadi di Surakarta (UNISRI)
4. Wilayah Banyumas : Universitas Wijaya Kusuma di Purwokerto (UNWIKU)
5. Wilayah Pekalongan
: Universitas Pancasila di Tegal, berganti Universitas Pancasakti
Tegal (UPS)
3.2 Berdirinya Universitas Muria Kudus
Pendirian Universitas Muria Kudus dimulai pada bulan Maret 1980 dengan negosiasi
antara Kopertis Wilayah V (sekarang kopertis VI) dengan Pemerintah Daerah Tingkat II
Kudus. Hasil kesepakatan adalah persetujuan berdirinya sebuah Universitas oleh
Koordinator Kopertis Wilayah V dengan didukung oleh kesanggupan Bupati Kudus (Bp.
Wimpie Hardono) selaku Pimpinan Daerah untuk menyediakan lahan seluas 6 hektar yang
terletak di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Upaya ini semakin
nyata dengan berperan sertanya para pengusaha di Kudus dan sekitarnya. Sebagai badan
penyelenggara adalah Yayasan Pembina Universitas Muria Kudus.
Guna pelaksanaan pengalihan dari STE menjadi Universitas, Bupati Kudus
menugaskan pada Tim Pendirian Universitas Muria Kudus yang beranggotakan:
1. Soewarno, SH (almarhum)
2. Drs. Sardjono Hasri (almarhum)
3. D. Sunarjo, SH
4. Soegito MW, BSc (almarhum)
5. Drs. Edi Sardjono, MM
Tugas dari tim adalah menyiapkan segala sesuatu yang terdiri atas persyaratan dan
administrasi sebagai syarat untuk berdirinya universitas. Dari hasil kerja tim yang ditugasi,
maka pada tanggal 9 Juni 1980 Kopertis Wilayah V (sekarang Kopertis VI) Jawa Tengah
mengukuhkan berdirinya Universitas Muria Kudus dengan Surat Keputusan No.
029/K/Kep/VI/1980 yang kemudian diresmikan pada tanggal 12 Juni 1980 dengan nama
10
Universitas Muria Kudus.
Fakultas dan jurusan yang ada pada saat Universitas Muria Kudus didirikan adalah
sebagai berikut :
1. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen
2. Fakultas Hukum, Jurusan Ilmu Hukum
3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan jurusan :
a. Ilmu Pendidikan/Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (Bimbingan dan
Konseling)
b. Jurusan Bahasa dan Seni/Pendidikan Bahasa Inggris.
3.3 Perkembangan Fakultas dan Program Studi (1980 – 2012)
Pada tahun 1982 dibuka Fakultas Pertanian dengan jurusan Budidaya Pertanian.
Status terdaftar diperoleh dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada
tanggal 29 Nopember 1984 dengan No. 061.0/1984.
Pada tahun 1997 dibuka Fakultas Teknik dengan Program Studi Teknik Mesin Program
Diploma III (D3) dan Program Studi Teknik Elektronika Program Diploma III (D3). Kedua
program studi ini berstatus Terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI
No.48/DIKTI/Kep/1997 tertanggal 14 Maret 1997.
Pada tahun 2002 dibuka 3 program studi yaitu :
1. Program Studi Akuntansi dengan jenjang program Diploma III (D3) berada di
Fakultas Ekonomi berdasarkan ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti
No.1061/D/T/2002.
2. Program Studi Sistem Informasi dengan jenjang program Strata I (S1) berada
di Fakultas Teknik, berdasarkan ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti
No.1324/D/T/2002.
3. Program Studi Psikologi dengan jenjang program Strata I (S1) berada di
bawah Universitas berdasarkan ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti No.
1324/D/T/2002
Pada tahun 2006/2007 Universitas Muria Kudus membuka 2 program studi :
1. Manajemen S2 (Pasca Sarjana), ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti No.
11
3796/D/T/2006 Tanggal 3 Oktober 2006.
2. Akuntansi S1 (Fakultas Ekonomi), ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti No.
1625/D/T/2007 Tanggal 6 Juli 2007.
Pada tahun 2008 Universitas Muria Kudus telah membuka 3 program studi baru yaitu :
1. Teknik Elektro S1 (Fakultas Teknik), ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti No.
2945/D/T/2008 Tanggal 4 September 2008
2. Teknik Informatika S1 (Fakultas Teknik), ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti No.
2945/D/T/2008 Tanggal 4 September 2008
3. Ilmu Hukum S2 (Pasca Sarjana), ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti No.
4293/D/T/2008 Tanggal 28 Nopember 2008
Pada tahun 2009 Universitas Muria Kudus membuka Program Studi baru yaitu : Pendidikan
Guru Sekolah Dasar (S1), dengan ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti No. 1396/D/T/2009
Tanggal 18 Agustus 2009.
Kemudian pada tahun 2011 Universitas Muria Kudus membuka Program Studi baru
yaitu : Teknik Mesin (S1), dengan ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti No. 132/E/O/2011
Tanggal 4 Juli 2011.
3.4 Status Program Studi yang diselenggarakan oleh Universitas Muria Kudus
1. 1. Program Studi Manajemen S2 (Pascasarjana), ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti
No. 3796/D/T/2006 Tanggal 3 Oktober 2006. Pada tahun 2012 mengajukan akreditasi
dan telah memperoleh Keputusan BAN-PT dengan SK No. 003/BAN-PT/AKX/
S2/V/2012 tanggal 24 Mei 2012;
2. Program Studi Manajemen S1 (Fakultas Ekonomi) Akreditasi SK No. 002/BANPT/
Ak-II/XII/1998 tanggal 22 Desember 1998, reakreditasi SK No. 014/BAN-PT/Ak-
VII/S1/IV/2004 tanggal 21 April 2004, reakreditasi SK No. 008/BAN-PT/Ak-
IX/S1/VI/2005 tanggal 23 Juni 2005. Pada tahun 2010 Program Studi Manajemen
kembali mengajukan reakreditasi dan telah memperoleh Keputusan BAN-PT dengan
SK No. 025/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XI/2010 tanggal 12 Nopember 2010;
3. Program Studi Akuntansi S1 (Fakultas Ekonomi) Akreditasi SK No. 025/BANPT/
Ak-XIV/S1/IX/2011 tanggal 23 September 2011;
12
4. Program Studi Ilmu Hukum S2 (Fakultas Hukum) ijin penyelenggaraan dari Dirjen
Dikti No. 4293/D/T/2008 Tanggal 28 Nopember 2008. Pada tahun 2011 mengajukan
perpanjangan ijin penyelenggaraan dan telah memperoleh Keputusan Dirjen Dikti No.
6981/D/T/K-VI/2011 tanggal 9 Mei 2011; Pada tahun 2012 Program Studi Ilmu
Hukum S2 mengajukan akreditasi dan telah memperoleh keputusan BAN-PT dengan
SK No. 035/SK/BAN-PT/AK-X/M/I/2013 tanggal 31 Januari 2013.
5. Program Studi Ilmu Hukum S1 (Fakultas Hukum) Akreditasi SK No. 002/BANPT/
Ak-II/XII/1998 tanggal 22 Desember 1998 dan Reakreditasi SK No.11/BANPT/
Ak-VII/S1/IV/2004 tanggal 16 April 2004. Pada tahun 2009 Program Studi Ilmu
Hukum kembali mengajukan reakreditasi dan telah memperoleh Keputusan BAN-PT
dengan SK No. 014/BAN-PT/Ak-XII/S1/VI/2009 tanggal 12 Juni 2009;
6. Program Studi Bimbingan dan Konseling S1 (FKIP) Akreditasi SK No.
012/BAN-PT/ Ak-IV/VI/2000 tanggal 23 Juni 2000 dan Reakreditasi No.
021/BAN-PT/Ak-IX/S1/XI/2005 tanggal 17 Nopember 2005. Pada tahun 2011 kembali
mengajukan reakreditasi dan telah memperoleh SK dari BAN-PT dengan SK No.
044/BAN-PT/Ak-XIII/S1/II/2011 tanggal 4 Pebruari 2011;
7. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris S1 (Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan) Akreditasi SK No. 002/BAN-PT/ Ak-II/XII/1998 tanggal 22
Desember 1998, reakreditasi SK No.22/BAN-PT/Ak-X/S1/IX/2007 tanggal 14
September 2007; tahun 2013 memperoleh SK dari BAN-PT dengan No.
151/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VI/2013 tanggal 29 Juni 2013;
8. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 (Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan) Akreditasi SK No. 197/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013 tanggal 26
September 2013;
9. Program Studi Agroteknologi S1 (Fakultas Pertanian) Akreditasi SK No. 002/BANPT/
Ak-II/XII/1998 tanggal 22 Desember 1998, reakreditasi SK No.030/BAN-PT/Ak-
V/S1/XII/2002 tanggal 30 Desember 2002, dan reakreditasi SK No.026/BAN-PT/Ak-
XII/S1/IX/2009 tanggal 5 September 2009;
10. Program Studi Teknik Elektro S1(Fakultas Teknik); Akreditasi SK No.
053/SK/BAN-PT/AKRED/S/I/2014 tanggal 31 Januari 2014;
11. Program Studi Teknik Informatika S1 (Fakultas Teknik), Akreditasi SK No.
13
211/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013 tanggal 19 Oktober 2013;
12. Program Studi Sistem Informasi S1 (Fakultas Teknik), Akreditasi No.
019/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2006 tanggal 8 Desember 2006 dan reakreditasi SK No.
032/BAN-PT/AK-XVI/S1/X/2012 tanggal 18 Oktober 2012;
13. Program Studi Teknik Mesin S1 (Fakultas Teknik), ijin penyelenggaraan dari
Dirjen Dikti No. 132/E/0/2011 tanggal 4 Juli 2011;
14. Program Studi Teknik Mesin D3 (Fakultas Teknik) Akreditasi SK No.
002/BAN-PT/ Ak/1/DPL/III/IV/2002 dan reakreditasi No. 011/BAN-PT/Ak-VII/DPLIII/
IX/2007 tanggal 29 September 2007;
15. Program Studi Psikologi S1 (Fakultas Psikologi), Akreditasi No.027/BANPT/
Ak-XI/S1/X/2008 dan reakreditasi No. 044/BAN-PT/Akred/S/I/2014 tanggal 24
Januari 2014.
Rektor Universitas Muria Kudus 1980–sekarang
1. Bp. Suwarno, SH, Rektor tahun 1980–1984
2. Bp. Drs. H. Soeparto, Rektor tahun 1984–1985
3. Bp. Drs. Abdul Latif Nawawi, SH, Rektor tahun 1985-1993
4. Bp. D. Soenaryo, SH., Pjs. Rektor tahun 1993-1995
5. Bp. Prof. Drs. H.M. Soerjadi Hadiprayitno, Rektor tahun 1995-1999.
6. Bp. Drs. Suatmodjo, PLH. Rektor tahun 1999-2000
7. Bp. Prof. Dr. Soedarsono, MS., Rektor tahun 2000-2004
8. Bp. H. Noor Cholis Turmudji, SH.MM., Pjs. Rektor tahun 2004
9. Bp. Prof. Dr. dr. Sarjadi, Sp. PA., Rektor tahun 2004 - 2014
10. Bp. Dr. H. Suparnyo, SH., MS., Rektor tahun 2014 - 2016
3.5 Visi :
Menjadi Universitas Kebudayaan (Culture University) yang menghasilkan lulusan
cerdas, berbudi luhur, berkepribadian luhur, berilmu, berteknologi dan seni.
3.6 Misi :
1. Membentuk insan yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
2. Mengembangkan insan yang berkualitas secara spiritual, emosional, intelektual dan
fisik.
14
3. Mengembangkan insan yang profesional dengan kemampuan kepemimpinan serta
berjiwa kewirausahaan untuk mendukung daya saing bangsa.
3.7 Tujuan :
1. Menciptakan budaya akademik yang dijiwai iman dan taqwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa guna meningkatkan harkat dan martabat manusia.
2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau
seni serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.
3. Mengembangkan potensi mahasiswa yang beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan YME, berbudi dan berkepribadian luhur, sehat, berakhlak mulia dan bertanggung
jawab.
4. Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi insan yang berilmu,
cakap, kritis, inovatif dan percaya diri.
15
BAB IV
ANALISA DAN PERANCANGAN
a. Karateristik penggunaBerikut ini adalah profil pengguna (user profile) dari Penggunaan E-Learning (Sistem
Pembelajaran Online Berbasis Web) sebagai Upaya Penunjang Perkuliahan Program Studi
Sistem Informasi di Universitas Muria Kudus. Pengguna aplikasi secara umum adalah :
a. pekerjaan : Pelajar , Dosen dan Admin
b. usia : 17 – 50 Tahun
Daftar profil pengguna :
a. Karakteristik psikologi
1. Bidang teori : intuisi
2. Sikap : netral atau positif
3. Motivasi : sedang atau rata-rata
b. Pengetahuan dan pengalaman
1. Tingkat pendidikan : minimum
2. Tingkat membaca : tinggi atau rata-rata
3. Kecakapan mengetik : tinggi atau rata-rata
4. Pengalaman aplikasi : beberapa kemiripan system
5. Bahasa pribumi : Indonesia
c. Pekerjaan dan karakteristik tugas
1. Frekuensi penggunaan : rendah atau rata-rata
2. Pelatihan utama : tidak ada
3. Penggunaan system : kebebasan penentuan
4. Kepentingan bagian : rendah atau rata-rata
5. Struktur bagian : rendah
6. Kategori pekerjaan : informasi dan anggota
16
7. Pergantian dasar : rendah
8. Peralatan lain : tidak ada
d. Karakteristik fisik
1. Buta warna : tidak (penglihatan normal)
2. Jenis kelamin : pria atau wanita
b. Style Guide
Pada pembuatan aplikasi “Upaya Penunjang Perkuliahan” dibutuhan beberapa
standar pembuatan desain. Mengembangkan serta menggunakan aplikasi berbasis
web.Di bawah ini adalah rincian gaya tampilan yang digunakan pada aplikasi “Upaya
Penunjang Perkuliahan”.
a. Prinsip desain
Dalam pembuatan Upaya Penunjang Perkuliahan yang berbasis
web ini menggunakan prinsip-prinsip desain berikut :
1. Dapat dimengerti
2. Sederhana
3. Konsisten
4. Penguasaan
5. Kelangsungan
6. Keakraban
7. Dapat diprediksi
8. Kemampuan reaksi
9. Aman
10. Kekasatmataan
11. Transparan
b. Desain aplikasi web
1. kreatifitas dengan konsistensi
Unsur kreatifitas memang penting dalam membangun sebuah aplikasi yang
bersifat multimedia dapat digunakan oleh sebagian besar pelajar atau masyarakat
umum. Pada aplikasi ini, unsur konsistensi setara dibandingkan kreatifitas.
17
Alasannya adalah agar user dapat fokus pada tujuannya dan tidak bosan karena
tampilan yang menarik karena unsur kreatifitas.
2. Penulisan konten : tidak harus banyak
Konten yang ditampilkan dalam aplikasi multimedia ini seminimal
mungkin, namun tidak mengurangi isinya.
3. Security, Cookies, serta State Management
Aplikasi ini tidak menangani masalah security, cookies, serta state
management.
c. Desain gambar dan warna
1. Warna background pada aplikasi : Dasar hitam yang dikombinasikan dengan warna
abu-abu, orange.
2. Ukuran layar : 1024 x 650 pixels.
3. Menu pada awal tampilan menggunakan symbol berupa button.
4. Link tulisan yang memilki warna atau konstur berbeda sewaktu kursor melewatinya
5. Sound : Adanya efek suara atau voice pada aplikasi yang dibuat.
6. Sound klik : default (klik)
7. Font : Jenis dan akan ditampilkan pada aplikasi yang cocok untuk semua kalangan.
8. Size Font : 5 px, 8 px, 12 px, 18 px, dst.
9. Type Font : papyrus, flower in window, snow for santa, dst.
10. Color font : hitam, coklat tua, putih.
11. Color link : biru bold, ungu, dll (berubah ketika menyentuh link tersebut).
12. Navigasi : menggunakan tombol kursor kanan dan kiri.
13. Tombol navigasi diberi shortcut. Contoh : navigasi kanan : panah ke-kanan
navigasi kiri : panah ke-kiri
c. Kebutuhan Dokumentasi
Dokumentasi yang dibutuhkan serta perlu dibuat dalam pembuatan aplikasi ini adalah
dokumentasi SKPL (Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak) serta dokumentasi pengujian
PDHUPL (Perencanaan, Deskripsi, dan Hasil Uji Perangkat Lunak)
18
d. Pertimbangan Teknologi
Seringkali mempunyai suatu ide yang bagus untuk membuat suatu aplikasi, tapi ketika
ingin mengimplementasikan suatu ide itu menjadi sebuah aplikasi yang real (koding) kita
seringkali menjadi bingung ingin membuat aplikasi yang berbasis Web, Desktop ataupun
Multimedia. Atau mungkin terkadang dalam sebuah penelitian (read: skripsi) kita diharuskan
memasukkan alasan mengapa kita membuat sistem kita itu berbasis web, desktop ataupun
multimedia.
Disini akan menjelaskan pembuatan aplikasi berbasis web menggunakan teknologi
Macromedia dreamweavers 8 sebagai teknologi dasar pembuatan aplikasi. Pemilihan aplikasi
berbasis web dengan teknologi ini dipertimbangkan berdasarkan hal-hal sebagai berikut :
1. Perangkat ajar pembelajaran berbasis web lebih mudah menggunakan Macromedia
dreamweaver 8 dan xampp.
2. Berbasis web mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar
atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung. Sehingga tercapai tujuan
pembelajaran.
3. Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas
4. Menampilkan obyek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.
5. Memberikan keuntungan dalam kompatibilitas tipe web , dan memberikan kebebasan
developer dalam merancang pembalajaran yang efisien.
f. Stuktur dan Isi Menu
1. Struktur Menu
Struktur menu yang digunakan pada aplikasi berbasis web “E-Learning Sistem
informasi Universitas Muria Kudus” ini mengadopsi bentuk gabungan dari hierarki dan
terhubung. Pada aplikasi ini terdapat menu utama dan di dalamnya terdapat submenu utama
lain. Namun, pada setiap sub menu utama tersebut memiliki keterhubungan sehingga juga
mengadopsi struktur menu terhubung
2. Isi Menu
Isi dari menu-menu yang terdapat pada E-Learning ini adalah sebagai verikut.
a. Desain web untuk mahasiswa.
1. Home
19
Berisi ucapan selamat datang di aplikasi E-Learning Sistem Informasi di Universitas
Muria Kudus.
2. Kelas Anda
Menampilkan Informasi Kelas yang mahasiswa ikuti saat ini.
3. Mata Kuliah
Menampilkan informasi mata kuliah yang mahasiswa ambil saat ini.
4. Materi Kuliah
Berisi Materi kuliah yang dapat didownload oleh mahasiswa.
5. Quiz/Tugas
Untuk mengupload tugas atau mengerjakan kuis online oleh mahasiswa.
6. Nilai Anda
Berisi informasi tentang nilai mahasiwa per-semester.
7. Profil Anda
Untuk Mengedit profil pengguna.
8. Edit Password
Untuk Mengedit username dan password.
9. Log Out
Untuk keluar dari akun yang sedang aktif.
b. Desain web untuk dosen
1. Home
Berisi ucapan selamat datang di aplikasi E-Learning Sistem Informasi di Universitas
Muria Kudus.
2. Manajemen Kelas
Berisi tentang informasi daftar kelas yang di ampu dosen.
3. Mata Kuliah
Berisi tentang informasi daftar mata kuliah yang di ampu dosen.
4. Materi Kuliah
Untuk dosen mengupload materi perkuliahan yang nanti dapat didownload oleh
mahasiswa.
5. Manajemen Tugas/Quiz
Untuk dosen memberikan tugas atau memberikan kuiz online.
6. Edit Profil
Untuk menampilkan dan mengedit profil pengguna.
7. Edit Username & Password
20
Untuk mengedit usernam dan password pengguna.
8. Keluar
Untuk keluar dari akun yang sedang aktif.
g. Navigasi Menu
Navigasi menu untuk aplikasi berbasis web ini akan dijelaskan sebagai berikut :
Pada saat pertama membuka web e-learning ini pengguna harus melakukan login terlebih
dahulu dan akan dinavigasikan ke menu utama.
h. Pemilihan Perangkat Interaksi
Perangkat interaksi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi ini cukup menggunakan
keyboard atau kursor atau pointing lainnya.
i. Desain Umum Tampilan
Aplikasi E-Learning ini dibuat semenarik dan semudah mungkin penggunaanya agar
pengguna yang baru mengenal komputer sekalipun dapat menggunakannya. Pada aplikasi
penunjang perkuliahan berbasis web ini terdapat 2 Desain tampilan untuk 2 pengguna yaitu
Mahasiswa dan Dosen.
1. Desain Tampilan Mahasiswa
Terdapat tombol - tombol yang digunakan untuk menjalankan aplikasi E-Learning ini.
a. Halaman Pembuka
Tampilan pembuka dan ssekaligus tampilan Login ke menu utama web E-Learning
Sistem Informasi.
21
b. Halaman Menu Utama
Halaman menu utama berisi 9 Menu, yaitu : Home, Kelas Anda, Mata Kuliah, Materi
Kuliah, Quiz/Tugas, Nilai Anda, Profil Anda, Edit Password, dan Log Out.
c. Halaman Menu Kelas Anda
Halaman Kelas mahasiswa berisi tentang informasi kelas-kelas yang diikuti atau
diambil mahasiswa, komting kelas, dan dosen pengampu tersebut.
22
d. Halaman Menu Mata Kuliah
Halaman Mata Kuliah Anda berisi tentang data informasi tentang mata
kuliah/pelajaran yang diambil mahasiswa.
e. Halaman Menu Materi Kuliah
Halaman Materi kuliah berisi tentang materi-materi yang telah diupload dosen dan
dapat didownload oleh mahasiswa.
23
f. Halaman Menu Quis/Tugas
Halaman Tugas/Quis untuk upload tugas atau melakukan quiz online oleh mahasiswa.
g. Halaman Nilai Anda
Berisi tentang nilai-nilai mahasiswa per-semester.
24
h. Halaman Menu Profil Anda
Berisis mengenai profil atau data diri mahasiswa/pengguna dan juga untuk mengedit
profil mahasiswa.
i. Halaman Menu Edit Password
Halaman Edit username & password untuk mengubah username dan password
pengguna.
25
2. Desain Tampilan Dosen
a. Halaman Login
Halaman untuk dosen melakukan login agar bisa masuk ke aplikasi web e-learning
Sistem Informasi Univesitas Muria Kudus.
b. Halaman Menu Home
Halaman menu utama berisi 8 Menu, yaitu : Home, Manajemen Kelas, Mata Kuliah,
Materi Kuliah, Manajemen Tugas / Quiz, Edit Profil, Edit Username & Password dan
Keluar.
26
c. Halaman Menu Manajemen Kelas
Berisi tentang kelas-kelas yang di ampu dosen.
d. Halaman Menu Mata Kuliah
Berisi tentang mata kuliah yang diampu dosen.
27
e. Halaman Menu Materi Kuliah
Untuk dosen mengupload materi ke web yang nantinya dapat didownload mahasiswa.
f. Halaman Menu Manajemen Tugas / Quiz
Untuk dosen memberikan tugas atau quiz online ke mahasiswa.
28
g. Halaman Menu Edit Profil
Berisis mengenai profil atau data diri Dosen/pengguna dan juga untuk mengedit profil
Dosen/pengguna.
h. Halaman Menu Edit Username & Password
Halaman Edit username & password untuk mengubah username dan password
dosen/pengguna.
29
j. Pemilihan Kontrol
Pada aplikasi berbasis web ini, pemilihan kontrol sebagai komponen utama
pengendalian aplikasi oleh user. Sebagai mana telah dibahas sebelumnya, aplikasi yang
berbasis multimedia memiliki keterbatasan dalam hal kontrol. Adapun pemilihan kontrol
dalam aplikasi berikut dapat diuraikan berdasarkan komponenkomponen aplikasi antara lain :
1. Tombol Menu
Kontrol utama pada setiap device akan sama. Menu tautan untuk ke fitur yang lebih
akan diletakan pada tombol dengan angka prioritas terendah (artinya memiliki prioritas
tertinggi. Dalam hal ini pengguna dapat memilih atau menggunakan tombol tengah yang akan
mengarahkan pada menu prioritas utama. Sedangkan untuk menu-menu yang lain akan
disimpan dalam group “menu”. Menu dengan efek fatal seperti exit akan diletakan pada menu
paling akhir atau paling bawah.
2. Text field
Meminta masukkan text dari pengguna. Text field yang berada pada posisi paling atas
akan ditempatkan sebagai kontrol utama.
3. String item
Kontrol untuk string item pertama-tama akan diletakan pada string item pertama yang
berada di posisi paling atas. Dalam hal ini string item juga dapat berfungsi sebagai button
30
yang memiliki aksi apabila dipilih. Contoh aksinya salah satunya adalah berpindah ke
halaman lain.
k. Perancangan Teks dan Pesan
Pada aplikasi berbasis web ini, teks akan ditampilkan sesuai dengan
ukuran dan jenis fonr default device. Ukuran font dibedakan pada bagian Judul Halaman
untuk membedakannya dengan bagian lain. Dengan menyesuaikan dengan default device
maka aplikasi ini tidak akan mengalami masalah walaupun diinstal dalam device
yang bermacam-macam.
l. Perancangan Feedback dan Panduan
Penanganan feedback pada aplikasi ini sebagian besar sesuai dengan feedback yang ada
pada aplikasi ‐aplikasi berbasis web lainnya. Beberapa feedback dan panduan yang berbeda/
dirancang khusus adalah untuk penanganan pesan error.
Contoh rancangan pesan error:
m. Perancangan Ikon, Gambar, dan Warna
Aplikasi berbasis web ini tidak memiliki keterbatasan dalam hal
menampilkan icon, penggunaan grafis serta warna. Pada aplikasi E-Learning ini warna yang
ditampilkan banyak pilihan. Gambar akan ditampilkan
pada awal dan akhir untuk menunjukan aplikasi yang sedang dipakai. Tujuan dari
aplikasi ini adalah sebagai penyedia informasi sehingga focus, menyampaikan
informasi secara benar dan cepat, meskipun tanpa mengesampingkan gambar, ikon,
serta keberagaman warna yang digunakan untuk aplikasi.
31
BAB V
PENUTUP
5.1. KesimpulanPembelajaran menggunakan aplikasi penunjang pembelajaran berbasis web dapat
dikatakan lebih menekankan pada elemen yang terintegrasi dan berinterkasi pada beberapa
jenis data dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di Universitas Muria
Kudus program studi Sistem Informasi.
5.2. Saran
Untuk menghasilkan penyajian laporan hasil penelitian yang lebih berkualitas
dan dapat mengikuti standar yang telah ditetapkan, maka perlu kiranya penyusun
memberikan saran sebagai berikut :
1. Perlunya dibuat buku panduan penulisan laporan hasil penelitian oleh setiap
instansi, sekolah maupun kampus agar setiap siswa atau mahasiswa memahami
aturan bakunya.
2. Perlu kiranya dilakukan pembahasan secara berkala oleh segenap pakar soal
pembaharuan format penulisan untuk lebih menyempurnakan formatnya.
No comments:
Post a Comment